Friday, February 9, 2018

Cara Install PHP 5.6 di ubuntu 16.04

Secara default repository ubuntu 16.04 menyediakan php versi 7, apabila ingin melakukan installasi php 5.6 di ubuntu 16.04 maka ikuti cara seperti dibawah ini :
1. Pastikan komputer atau laptop nyala terlebih dahulu, apabila tidak nyala harap segera dinyalakan :D
2. Buka terminal / console yang ada di ubuntu kalian ya :D, buat yang belum tau terminal / console tampilannya seperti dibawah ini

3. Setelah terbuka consolnya masuk sebagai root dengan mengetikkan "sudo su" kemudian tekan enter, maka akan muncul permintaan password kemudian masukkan password yang komputer / laptop lalu tekan enter.
4. Kemudian ketikkan ketikkan di terminal perintah "add-apt-repository ppa:ondrej/php", lalu tekan enter.
5. Lalu lakukan update repository dengan mengetikkan "apt-get update" kemudian tekan enter, maka akan muncul tampilan proses update.

6. Setelah itu untuk melakukan proses install ketikkan perintah "apt-get install php5.6" diterminal kemudian tekan enter, apabila muncul pilihan (Y/n) maka ketikkan Y atau langsung tekan enter untuk melanjutkan installasi dan apabila membatalkan instalasi maka ketikkan n.
7. Tunggu sampai proses instalasi selesai, kemudian untuk melakukan pengecekan versi php ketikkan di "php -v" di terminal.

Selamat Mencoba :D

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.